Pages

Wednesday, June 3, 2015

Tren Makan Tanah (Es Krim Pot)

A
B
Sebelum mulai baca post ini, bisakah kamu membedakan yang mana pot tanaman asli dan yang bukan?

Tanaman yang asli adalah gambar B! Gambar yang A? Itu adalah makanan yang dibuat mirip seperti tanaman dalam pot! Kok bisa mirip yah?

Kalau kita denger kata pot, pasti kita terbayangnya tanah dan tumbuhan. Kalau pot sih memang seharusnya berisi tanah ama tanaman. Tapi akhir-akhir ini lagi tren anak muda yang makan di pot! Isi pot-nya juga kayak pot tanaman biasa, ada tanamannya bahkan kadang ada cacingnya. Kok mereka mau ya makan tanah?

Es Krim Pot, Potty Ice Cream, dan banyak sebutan lainnya. Adalah es krim yang ditaruh di dalam wadah yang berbentuk pot (atau memang pot tanaman) dan kemudian dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai tanaman dalam pot beneran! Biar lebih lucu dan menarik, ada juga yang menambahkan dekorasi seperti daun mint atau cacing di atas potnya.

Harga di tiap tempat yang menjual es krim pot ini bermacam-macam tergantung bahan dan lokasi. Kalau kamu mau puas makan es krim pake tanah ini, kamu juga bisa bikin dirumah kok. Tentunya bahan-bahan untuk membuat es krim pot bisa kamu beli di warung atau swalayan yang ada di  dekat rumahmu. Mau tau?

"Cacing? Jijik ah!"

Apa masih jijik kalau tau cacingnya dibuat dari agar-agar coklat? Ada juga yang menggunakan cacing gummy sebagai topping di atas pot. Ngomong-ngomong, kok bisa ya bentuknya persis mirip cacing? Tentu ada triknya! Caranya adalah dengan menggunakan sedotan sebagai cetakan jelly.

Kalian juga bisa kok bikin sendiri di rumah!

Pertama-tama masak dulu jelly seperti biasa, terus kalau sudah matang, siapkan sedotan dalam jumlah banyak dan ikat menjadi satu agar tidak terlepas-lepas saat proses penuangan air rebusan jelly. Supaya tidak berantakan, jangan lupa juga untuk menaruh sedotan-sedotannya di dalam gelas.

Nah kalau selesai dituangkan, tinggal tunggu sampai jelly-nya dingin. Setelah itu tinggal keluarkan para 'cacing' dari sedotan. Selanjutnya tinggal sajikan cacing diatas es krim atau langsung dicemil juga ok.

"Makan tanah? Siapa takut?"

Selain cacing-cacingan, kamu juga harus menyiapkan tanahnya! Tapi tanah yang kita siapkan harus bisa dimakan yaa bukan tanah yang ada di depan rumah. Kira-kira makanan apa yaaa yang warnanya coklat kehitaman dan mirip warna tanah?



Yup, oreo! Cemilan satu ini sangat mudah ditemukan di warung maupun swalayan. Supaya oreo terlihat seperti tanah, tinggal kamu pisahkan oreo dari krim-nya, lalu biskuit oreo-nya kamu tumbuk hingga halus. Untuk varian rasa dan penampilan, kamu juga bisa mencampurkan oreo yang sudah halus dengan susu coklat bubuk.

Kalau tanah dan cacing sudah kamu siapkan, berarti tinggal es krim dan potnya! Untuk es krim, kamu bisa pilih rasa es krim kesukaanmu dan es krimnya juga bisa dibeli di swalayan. Kalau kamu gak punya pot dirumah, pakai saja wadah yang berbentuk mirip pot atau pakai gelas juga ok,


Pertama-tama tuang dulu es krimnya di dalam pot atau gelas, setelah itu timbun es krim-nya dengan 'tanah', dan kalau sudah tertutup semua tinggal hias potnya dengan cacing dan dedaunan sesuai selera. Bisa juga tambahkan buah-buahan seperti stroberi dan anggur untuk meramaikan pot-mu.

Kalau sudah selesai, tinggal nikmati pot tanamanmu! Makan es krim pake tanah dan cacing pasti bikin mata dan lidah kamu gak sinkron fufufu~ Dan tentunya tren makan tanah ini gak bikin kantong kamu bolong alias murah meriah! Apalagi kalau bikinnya di rumah, porsinya bisa lebih banyak dan bisa nambah pula.


Gak cuma es krim, ternyata ada varian lain untuk makanan ber-tanah ini. Tadi sore baru aja nyobain 'Potty Milk Tea' di mall deket kos. Untuk rasa tentu enak soalnya si air lumpur itu rasa susu coklat dan tanahnya dari oreo. Tapi jangan terlalu semangat ya minumnya, nanti tersedak 'tanah' (pengalaman tadi sore wkwk). Minuman semacam ini sebenernya juga bisa kita bikin dirumah dengan cara yang hampir mirip kayak di atas tadi.

Orang jaman sekarang makin kreatif yah. Makanan yang biasanya cuma kita rasakan dengan lidah, sekarang makin banyak juga yang bisa dirasakan melalui mata macam es krim ber-tanah ini. Karena sekarang banyak makanan yang bisa menipu mata, kita juga harus waspada. Jangan sampai kita makan pot tanah beneran bukannya es krim pot. Dan jangan lupa untuk selalu waspada dengan apa yang kita makan, apalagi denger berita tentang makanan plastik dari Cina. Pokoknya harus selalu selektif lah kalau soal makanan.

Sekian dulu post hari ini. Terima kasih udah baca sampai akhir. Sampai ketemu di post selanjutnya ^^





No comments:

Post a Comment