Pages

Wednesday, April 15, 2015

Tetsudou Otaku (鉄道オタク)


Dari sekian banyak jenis otaku, ternyata ada juga yang disebut otaku kereta. Dalam bahasa Jepang disebut Tetsudou Otaku.

Untuk orang Indonesia, kereta juga sudah akrab ditelinga dan banyak yang sering berpergian dengan kereta. Kalau kalian pernah melihat orang yang mengeluarkan hp berkamera dan mulai memotret area stasiun atau kereta yang lewat, bisa saja orang itu adalah seorang otaku kereta!

Apakah kamu orang yang suka berkendara dengan kereta atau memotret kereta?

Apa itu Tetsudou Otaku?

Dalam bahasa Jepang, tetsudou (鉄道) berarti kereta, sedangkan otaku (オタク) berarti maniak atau menyukai sesuatu secara berlebihan.

Dapat disimpulkan bahwa Tetsudou Otaku adalah istilah yang digunakan untuk menyebut “maniak kereta” atau dalam bahasa inggris disebut "rail-fan".

Tetsudou Otaku merupakan salah satu dari banyak tipe otaku. Seperti otaku lainnya, Tetsudou Otaku mendalami hobinya dengan mengoleksi model kereta, berpergian dengan kereta, mengambil foto kereta, dan lain-lain. Contoh tipe otaku lainnya: game otaku, anime otaku, dan lain sebagainya.

Asal-usul


Museum Kereta Saitama



“Train Boom” dimulai pada musim gugur tahun 2007, saat dibukanya museum kereta di Saitama. Sejak saat itu, kereta semakin populer di masyarakat Jepang.

Di museum ini terdapat diorama kereta terbesar di Jepang, mengendarai miniatur kereta, dan berbagai kereta lokomotif. Museum ini pun dijadikan sebagai simbol Tetsudou Otaku.

Museum ini terletak di Onari, Saitama sebagai proyek memorial 20 tahun berdirinya JR East.

Idol dan Kereta



Penyebab lain yang membuat orang-orang menjadi Tetsudou Otaku di Jepang adalah idol perempuan yang mengaku menyukai kereta. 

Salah satu yang memulai tren ini adalah seorang seiyuu bernama Masumi Toyoka. Ia adalah seorang seiyuu yang mengisi suara di anime “Tekko no Tabi” dan membuat fans kereta bertambah. Selain itu ada Kimura Yuko yang menyukai kereta dan menciptakan kategori "Tetsudoru"atau Train Idol.

Tipe Tetsudou Otaku



Saat ini ada lebih dari 20 tipe Tetsudou Otaku, Beberapa contohnya adalah:
  • Nori-tetsu: Otaku yang suka menaiki dan berpergian dengan kereta.
  • Tori-tetsu: Mereka yang menyukai mengambil foto kereta.
  • Oto-tetsu: Mereka yang suka merekam suara kereta.
  • Ekiben-tetsu: Mereka yang suka membeli bekal khusus di stasiun.
  • Eki-tetsu: Menyukai stasiun kereta
  • Mokei-tetsu: Menyukai model kit kereta
Tetsu-ko





Ternyata tetsudou otaku tidak hanya berada di kalangan laki-laki, ada pula Tetsudou Otaku perempuan. Mereka diberi julukan “Tetsu-ko” atau Gadis Kereta.

Salah satu teori mengapa para perempuan menjadi Tetsu-ko adalah manga dan anime berjudul “Tekko no Tabi” yang bercerita tentang perjalanan sang heroine yang tidak menyukai kereta sama sekali tetapi malah berpergian menggunakan kereta bersama seorang jurnalis.

Teori lainnya adalah dibukanya Museum Kereta di Saitama pada tahun 2007.  Dengan dibukanya museum ini, perempuan dapat menjadi lebih tertarik dengan dunia kereta.

Contoh Eki-ben
Teori lain yang disebut paling masuk akal adalah Eki-ben. Eki-ben adalah bento (bekal makan kotakan) yang khusus dijual di stasiun-stasiun yang ada di Jepang. Tiap stasiun memiliki bento khusus yang berbeda dengan stasiun lain sehingga diberi nama eki-ben. Di Jepang bahkan ada yang disebut wisata Eki-ben, yaitu mengunjungi stasiun yang memiliki eki-ben khusus.

Berkaitan Anime

Rail Wars!



Salah satu anime yang mengangkat tema perkeretaapian adalah Rail Wars!. Rail Wars! bercerita tentang anak-anak SMA yang bekerja di bagian keamanan perkeretaapian. Anime ini terdiri dari 12 episode yang mulai tayang pada bulan Juli 2014 dan tamat pada September 2014.

Kereta Bertema Anime

Kereta bertema Doraemon di Hokkaido

Interior kereta yang bertema Anpan-Man

Untuk menarik pengunjung dan Tetsudou Otaku, banyak juga kereta yang disulap menjadi bertema anime seperti diatas. Selain Doraemon dan Anpan-Man, beberapa judul anime seperti K-On, Gegege no Kitaro, One Piece, Lupin The 3rd, dan Hanasaku Iroha juga pernah menghiasi kereta di Jepang.

Selain menarik pengunjung, tentu saja kereta ini digunakan sebagai sarana promosi anime tersebut.


Sisi Gelap



Walaupun terlihat menyenangkan, Tetsudou Otaku juga bisa terkena celaka jika tidak hati-hati.

Banyak kasus dimana Tetsudou Otaku mengalami kecelakaan saat mencoba mengambil foto atau merekam suara kereta. Bagian berbahayanya, mereka menyelinap ke rel kereta dan lengah saat kereta lewat.

Selain itu menggunakan flash saat memotret kereta dapat membahayakan pengemudi kereta. Ada sebuah artikel yang membahas pengemudi kereta yang marah pada Tetsudou Otaku yang memotret menggunakan flash >>> Klik!

Memiliki hobi memang bagus, tetapi jangan lupa dengan keselamatan pribadi dan orang lain. Harap selalu berhati-hati.


Sumber




Sekian post hari ini. Terima kasih telah membaca hingga akhir! See you on the next post ^^

No comments:

Post a Comment