Pages

Thursday, March 26, 2015

Tarif Baru KRL Commuter Line per 1 April 2015

Karena ini sangat penting khususnya untuk pengguna KRL termasuk saya, jadi tidak ada salahnya saya post disini juga.

Info ini pertama kali saya lihat di Kaori Nusantara. Dan tentunya saya kaget, tarif kereta berubah lagi? Demi apa?

Setelah dibaca dengan seksama, tarif progresif KRL yang awalnya berdasarkan jumlah stasiun yang dilewati, sekarang berubah menjadi tarif progresif berdasarkan kilometer. Begini mekanisme-nya:


  • 25 kilometer pertama: Rp 2000
  • 10 kilometer berikutnya: Rp 1000
Kalau mau menghitung berapa uang yang harus kamu keluarkan untuk stasiun tujuan-mu, bisa lihat peta rute KRL ini:


Mengikuti berubahnya tarif yang harus dibayar, biaya jaminan THB (Tiket Harian Berjamin) dan saldo minimum untuk kartu MT (Multi Trip) dan kartu bank juga berubah.
  • Jaminan THB: Rp 10.000 (Sebelumnya Rp 5000)
  • Minimum saldo MT: Rp 11.000 (Sebelumnya Rp 7000)

Tarif ini sepintas terkesan mahal. Tapi kalau dihitung lebih lanjut, untuk jarak dekat sih malah lebih murah. Contohnya dari Bekasi - Jakarta Kota. Tadinya dikenakan tarif Rp 3500, sekarang menjadi Rp 3000 (belum termasuk jaminan THB).

Ada juga tarif yang tidak terpengaruh dengan tarif progresif ini. Contohnya Bogor - Jakarta Kota. Tarifnya tetap Rp 5000, tidak kurang dan tidak lebih.

Kalau untuk jarak jauh bisa jadi lebih mahal. Contohnya Bogor - Tanah Abang, dari Rp 4000 malah naik jadi Rp 4500. Bayangkan rute Bogor - Bekasi. Kalau dihitung sesuai kilometer, tarifnya naik jadi sekitar Rp 7000 (benerin ya kalo salah).

Yah.. Semua ada untung ruginya sih. Tinggal bagaimana kita menanggapinya. Tapi dengan tarif seperti ini, sepertinya bakal banyak penumpang KRL jarak dekat dibandingkan jarak jauh.

Walau begitu, jangan mengeluh terus. Tarif kereta dan harga BBM tetap naik walaupun kita jungkir balik di rel kereta. Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki dan jangan membuang uangmu untuk hal yang tidak diperlukan.

Kenapa jadi kasih nasehat ya? Kalau begitu sekian dulu info dari saya. Sekali lagi, untuk melihat info lengkapnya bisa dilihat di web-nya Kaori Nusantara. Ini link nya >>> Click Me Senpai~

See you on the next post~ ^^

No comments:

Post a Comment